Arti Diabetes dan Penyebab Diabetes

ARTI DIABETES 

Arti dan Penyebab Diabetes

Diabetes adalah perubahan menetap dalam sistem kimiawi tubuh yang mengakibatkan darah mengandung terlalu banyak garam (baca pengertian lainnya : Diabetes Melitus : Penyakit Kencing Manis). Penyebabnya adalah kekurangan hormon insulin. Hormon adalah unsur kimia yang dibuat oleh tubuh (dalam hal ini pankreas) dan dilepas ke dalam aliran darah untuk digunakan oleh bagian tubuh yang membutuhkan. Ada orang yang sama sekali tak dapat menghasilkan insulin seperti pada Diabetes Tipe-1. Namun padaDiabetes Tipe-2, mungkin insulin hanya diproduksi sedikit dan respon tubuh terhadap hormon itu menurun. Ini disebut Kekebalan Insulin.

 

PENYEBAB DIABETES

Gula dalam darah berasal dari makanan kita yang diolah secara kimiawi oleh hati. Sebagian gula disimpan dan sebagian lagi digunakan untuk energi. Insulin bentuknya unik, menempel dalam wadah-wadah khusus pada permukaan sel-sel di seluruh tubuh. Dengan cara demikian, insulin membuat sel-sel sari gula dari darah dan mencegahnya untuk menghancurkan protein dan lemak. 

 

Hanya hormon insulin yang dapat menurunkan gula darah dengan berbagai cara yakni :

1. Dengan meningkatkan jumlah gula yang disimpan di dalam hati berbentuk glikogen.

2. Dengan mencegah hati mengeluarkan terlalu banyak gula.

3. Dengan merangsang sel-sel tubuh agar menyerap gula.

 

Mekanisme lain di dalam tubuh bekerjasama dengan insulin untuk mempertahankan tingkat gula darah yang tepat. Jadi, Insulin adalah satu-satnya zat di dalam tubuh yang dapat menurunkan tingkat gula darah, sehingga jika suplainya berkurang, seluruh sistem tidak seimbang lagi. Setelah makan, tidak ada yang mengerem penyerapan gula dari makanan, sehingga tingkat gula dalam darah meningkat (baca :Hakikat Diabetes Melitus).

 

Jika konsentrasinya melebihi tingkat tertentu, gula mulai keluar dari darah ke dalam urine. Infeksi, sepertisistitis (radang kandung kemih) dan sariawan dapat lebih cepat berkembang jika unine manis, karena kuman-kuman berkembang lebih cepat.

 

Akibat lain naiknya gula darah adalah buang air kecil lebih sering, sebab kelebihan gula dalam darah disaring keluar oleh ginjal dengan mengeluarkan lebih banyak garam dan air. Kelebihan produksi urin ini disebut Poliuria, yang merupakan gejala awal diabetes (baca lengkapnya di  Gejala Diabetes Melitus ). Jika tidak segera diobati, penderita akan mengalami dehidrasi dan kehausan. Seperti yang dijelaskan di atas, selain mengatur gula darah, insulin juga mencegah turunnya berat badan dan membantu membuat jaringan tubuh. Maka orang yang gagal atau kruang menghasilkan insulin biasanya akan kehilangan berat badan.

 

Beratnya gejala, dan kapan penyakit ini berkembang bisa berbeda, tergantung tipe diabetes yang anda derita.

sumber  : www.organikberas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar